top of page
Writer's picturegunungyuk

3 Kegiatan yang tidak keren ketika mendaki gunung, Apakah kamu pernah melakukannya?

Kegiatan mendaki menjadi kegiatn favorit untuk melepas penat serta melihat keindahan alam yang tersedia di gunung hingga ajang eksistensi diri untukk diabadikan di sosial media. Berbagai kalangan mulai dari pecinta alam hingga orang awam yang lalang untuk mendaki. Namun, seringkali ada beberapa hal yang kamu lakukan yang sebenarnya tidak keren ketika mendaki gunung. Berikut beberapa kegiatan yang tidak keren ketika kamu mendaki gunung


1. Mencabut/ mengganggu tanaman serta hewan yang ada digunung



Gunung memiliki banyak tanaman yang seringkali memikat mata. Namun bukan berarti kita dapat mencabut tanaman tersebut dan diabadikan karena banyak tanaman di gunung membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh ataupun terdapat tanaman beracun yang tidak sengaja kamu cabut sehingga membahayakan kamu sendiri.


2. Vandalisme



Menurut KBBI, Vandalisme adalah perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya (keindahan alam dan sebagainya)" atau "perusakan dan penghancuran secara kasar dan ganas. Vandalisme juga dapat kita temui di gunung. Banyak orang-orang yang mencorat coret batu atau tugu yang ada selama perjalanan mendaki. Hal ini dapat merusak keindahan alam disekitarnya. Ingat gunung bukan buku gambar yang baik untuk di corat-coret.


3. Buang Sampah Sembarangan



Berbagai macam bungkus makanan, botol plastik, serta sampah-sampah yang mungkin saja secara tidak sadar ataupun sadar terbuang. Sampah ini dapat merusak keindahan serta ekosistem yang ada di gunung tersebut. Buang Sampah Sembarangan selalu menjadi perhatian bagi pengelola gunung serta pendaki gunung juga. Untuk itu perhatikan sampah-sampah ketika mendaki gunung agar gunung dapat dinikmati terus menerus


Diatas merupakan kegiatan yang sebenarnya tidak keren ketika mendaki gunung. Kegiatan tersebut dapat merusak keindahan gunung yang akibatnya gunung tidak dapat lagi dinikmati untuk generasi selanjutnya. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu pernah melakukan kegiatan diatas?



penulis : Untung Immanuel

29 views0 comments

Comentários


bottom of page