top of page
Writer's picturegunungyuk

Tips Make Up Natural Saat Mendaki


Mendaki bukan hanya dilakukan oleh seorang lelaki. Perempuan pun sekarang banyak yang mempunyai hobi mendaki. Namanya perempuan tidak bisa lepas dari make up. Inilah beberapa tips make up natural ketika mendaki.


1. Sunblock



Sunblock wajah memiliki beragam jenis yaitu liquid, cream, hingga gel. Tidak banyak yang tahu bahwa sunblock wajah memiliki lebih banyak jenis produk dibanding sunblock badan. Beberapa produk pelembab wajah juga telah memiliki kandungan SPF yang dapat melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Kandungan SPF setiap produk berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Tidak seperti aktivitas sehari-hari, ketika mendaki gunung kulit langsung terpapar terik matahari terus menerus, sehingga kebutuhan SPF yang dibutuhkan tentu lebih banyak dari biasanya.


Berikut ini adalah produk-produk sunblock wajah yang memiliki review bagus di pasaran: Wardah Sunscreen Gel, Skin Aqua, Loreal Paris Aqua Essence, Biore UV Perfect Face Milk, The Face Shop Sebum Control, SKII UV Protection.


2. Memakai bedak dengan brush khusus



Baik padat ataupun bubuk, gunakanlah brush untuk memakai bedak agar terlihat natural. Hindari menggunakan puff karena itu akan membuat bedak menjadi tebal dan padat di wajah. Cara penggunaannya cukup dengan menempelkan ujung brush di atas bedak, tepuk-tepuk, lalu menyapukannya ke area tertentu lebih dahulu seperti dahi, hidung, dan dagu. Sapukan bedak dari luar wajah ke dalam bukan arah sebaliknya. Bila kamu memiliki kulit wajah berminyak dan berpori-pori besar, sebaiknya tepuk-tepuk dulu kulit wajah dengan tisu sebelum menggunakan bedak.


3. Maskara bening untuk bulu mata dan alis



Bila kamu terbiasa menggunakan maskara saat bepergian, maka maskara bening adalah solusi paling pas untuk dibawa serta ke gunung. Maskara bening memberikan hasil yang natural dan efek segar pada bulu mata. Meskipun tidak sepopuler maskara hitam, beberapa brand tidak ragu mengeluarkan produk maskara bening dan memiliki review bagus di pasaran, seperti Wet n Wild dan Elf. Maskara bening wajib kamu miliki karena selain multifungsi, beberapa produk maskara bening juga memiliki nutrisi yang dapat memanjangkan dan mempertebal bulu mata. Tidak hanya untuk bulu mata, maskara bening juga dapat dipakai di alis. Praktis kan?

4. Liptint atau lipcream untuk bibir yang berwarna alami dan tahan lama



Lipbalm adalah item yang wajib dibawa ke manapun saat bepergian, baik bagi pria maupun wanita. Selain untuk melembabkan bibir agar terhindar dari pecah-pecah, lipbalm juga berperan sebagai base yang dapat membuat riasan lipstik menjadi tahan lama. Menurutku Vaselline Repairing Jelly bagus dijadikan base.


Setelah itu, Liptint bisa jadi pilihan. Bentuknya yang liquid ini menciptakan warna sangat alami pada bibir. Misal ketika kamu menggunakan liptint berwarna pink tua, efek yang muncul pada bibir akan seperti warna yang tertinggal sehabis minum softdrink. Liptint juga memiliki rasa yang manis serupa buah-buahan, sehingga dapat meningkatkan mood dan menyenangkan untuk dipakai.


Koleksi liptint dari kosmetik buatan Korea seperti Etude House atau Tony Moly masih menjadi favorit hingga saat ini. Kalau aku biasa pakai Tony Molly natural dan tahan lama.


5. Facial Spray di akhir riasan



Facial Spray memiliki banyak nama lain seperti Facial Mist, Mineral Water, Magic Water, dan masih banyak lagi. Facial Spray yang disemprotkan ke wajah dapat membuat riasan menjadi lebih awet dan tidak medok. Selain itu, Facial Spray juga dapat memberikan kesegaran pada wajah karena berfungsi sebagai refresher dan toner yang mengandung mosturizer. Mendaki gunung pasti gerah, keringetan, dan menimbulkan efek ingin cuci muka terus-menerus karena terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari. Maka, Facial Spray adalah solusi yang tepat untuk digunakan di tengah pendakian karena mampu meredakan iritasi akibat sinar matahari. Beberapa Facial Spray impor seperti Evian dapat ditemukan di Guardian. Harganya terjangkau dan bentuknya praktis untuk dibawa bepergian.


Itulah lima tips make up natural untuk mendaki gunung beserta rekomendasi produk. Selain di gerai official, produk-produk tersebut dapat dicari di drugstore dan toko kosmetik import. Kini, kamu siap tampil cantik alami di atas gunung. Selamat mendaki dan selamat mencoba!



Penulis : Septi Nurul H


16 views0 comments

Comentários


bottom of page