top of page
Writer's picturegunungyuk

HAMPIR GAK KUAT DI TRACK GUNUNG SUMBING

Updated: May 29, 2019


Gunung Sumbing merupakan salah satu gunung standar pendakian (>3000 mdpl) yang terletak di jawa tengah. Kali ini saya mencoba mendaki sumbing via Mangli Magelang. Kenapa jalur Mangli yang saya coba? dikarenakan jalur ini merupakan jalur pendakian gunung Sumbing yang terdekat dari rumah saya (hehehe, paket hemat), walau sebelumnya saya sudah mencoba pendakian Sumbing ini via Garung, via Cepit Parakan, via Butuh.

Dusun Mangli merupakan salah satu dusun tertinggi di antara dusun lainnya di lereng Sumbing. Dan kebetulan di Mangli ini sudah dibuka jalur pendakian resmi menuju puncak Sumbing. Untuk detail posisi dusun Mangli ini silahkan cek di Google & Google Map.

Basecamp Sumbing via Mangli berada (menjadi satu) dengan kantor kelurahan (di ruang pertemuan), jadi cukup mudah dicari bagi para pendaki yang baru pertama kali mencoba jalur ini. Jangan khawatir kepada para pecinta gunung, basecamp ini buka 24 jam setiap hari, dan penjaga basecamp dari pemuda setempat juga standby 24 jam. Keramahan dari para penjaga basecamp menjadi nilai positif mendaki dari jalur Mangli ini.

Berikut ini peta jalur pendakian Sumbing via Mangli,

📷

Di bawah ini adalah tiket ijin pendakian gunung Sumbing via Mangli Magelang,

📷

Kebetulan pada pendakian kali ini saya menggunakan sepeda motor dengan biaya parkir relatif terjangkau & wajar, yaitu sebesar Rp. 5000,-

O iya, untuk jalur Mangli ini ada ojek yang bisa mengantar pendaki dari Basecamp s/d Pos 1 dengan biaya Rp. 15000,- Buat saya ini sangat membantu dan positif baik bagi pendaki maupun masyarakat sekitar.

Dari Pos 1 s/d Pos Bayangan kita akan mulai memasuki hutan pinus, untuk pendakian pertama kali via Mangli ini bisa saya katakan hutan pinus dari Pos 1 s/d Pos Bayangan sebagai hutan bingung (relatif membingungkan menurut saya) karena bentuk pohon pinus yang relatif mirip satu pohon dengan pohon lainnya, karakter hutan ini relatif mirip dengan hutan bingung di gunung Welirang Jawa Timur, tapi jangan khawatir kawan, rambu penunjuk jalan menuju puncak Sumbing relatif banyak terpasang & terlihat dengan jelas). Kondisi jalur pendakian masih wajar, tanjakan wajar & relatif banyak bonus untuk mengatur nafas & stamina.

Di bawah ini adalah foto Pos Bayangan

📷

Dari Pos Bayangan s/d Pos 2 kondisi jalur pendakian relatif masih mirip dengan kondisi track dari Pos 1 s/d Pos Bayangan, akan tetapi jalurnya relatif lebih terfokus tidak banyak cabang-cabang jalan. Rambu penunjuk jalan pun relatif cukup banyak terpasang & sangat membantu bagi pendaki. O iya, di Pos 2 posisinya cukup datar dan cukup teduh serta di Pos 2 inilah terdapat sungai kecil. Bila mendaki di musim penghujan para pendaki bisa mengambil air dari ceruk-ceruk batu dari sungai tersebut.

Di bawah ini adalah foto di Pos 2

📷

Dari Pos 2 s/d Pos 3 menurut saya inilah kondisi track terberat dari jalur Mangli ini. Stamina & mental para pendaki benar-benar di uji. Kondisi track yang nanjak relatif berat dan cenderung lurus dengan sedikit bonus. Sampai kita menemukan plang Tanjakan Debus, maka posisi kita sudah dekat dengan Pos 3. Pos 3 adalah Pos pertemuan pendakian gunung Sumbing antara jalur Mangli dengan jalur Butuh.

Di bawah ini adalah foto Tanjakan Debus

📷

📷

Bila telah sampai di Pos 3, bila cuaca cerah view yang terlihat relatif indah, karena dari pos ini vegetasinya adalah sabana sampai dengan Puncak. View kota magelang dan sekitarnya, gunung Merbabu, Merapi, Andong, Telomoyo pun turut menghiasi view dari Pos 3 ini. Banyak pendaki yang memilih untuk nge camp di pos ini, bahkan ada beberapa pendaki yang memilih tidak melanjutkan menuju ke puncak Sumbing di karenakan stamina yang sudah menurun. Hal tersebut bisa dimaklumi dikarenakan jarak dari Pos 3 ini untuk sampai di Puncak Sumbing relatif masih jauh dan panjang.

Di bawah ini adalah foto pertemuan jalur Mangli dengan jalur Butuh di Pos 3

📷

Di bawah ini adalah foto di Pos 3

📷

📷

Di bawah ini adalah foto view dari Pos 3

📷

Dari Pos 3 s/d Pos 4 jalur yang dilalui adalah jalur yang panjang & lama dikarenakan jalur ini hanya sabana (padang rumput).

Di bawah ini adalah foto view-view dari Pos 3 s/d Pos 4

📷

📷

📷

📷

Di bawah ini adalah foto di Pos 4

📷

Saran saya jangan nge camp atau bermalam di pos 4 ini, kondisi Pos yang terbuka & angin yang menerjang relatif kencang, walau kondisi Pos 4 ini relatif datar & bisa untuk mendirikan tenda. Kurang lebih 1 jam dari Pos 4 ini kita akan sampai di Puncak Sejati Sumbing.

Di bawah ini adalah foto di Puncak Sejati Sumbing via Mangli

📷

📷

📷

Di bawah ini adalah foto view dari Puncak Sejati Sumbing

📷

📷

Di bawah ini adalah foto sunrise di gunung Sumbing via Mangli dengan view gunung Merapi, Merbabu, Andong, dan Telomoyo

📷

Di bawah ini adalah foto Watu Lawang di area Puncak Sejati Sumbing via Mangli

📷

📷

Demikian sedikit tulisan saya mengenai pendakian ke Puncak Sejati gunung Sumbing via Mangli Magelang 31 des 2017. Mohon maaf bila terdapat kata-kata dalam tulisan ini yang tidak berkenan. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.



240 views0 comments

Recent Posts

See All

Komentarze


bottom of page