top of page
Writer's picturegunungyuk

Jalur Kledung, Jalur terberat menuju gunung Sindoro

Updated: May 29, 2019


Gunung Sindoro (3153 m) adalah salah satu gunung standar pendakian dari 6 gunung yang ada di wilayah Jawa Tengah. 6 gunung tsb adalah Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Lawu, & Slamet. Buat saya, track/jalur pendakian di gunung ini merupakan track terberat dibanding 5 gunung standar lainnya di jawa tengah.

1-2 april 2015 saya melakukan pendakian seorang diri ke gunung sindoro (memang dah biasa melakukan pendakian seorang diri…hehehe). saya melakukan pendakian siang hari, dari magelang berangkat pukul 06.30 wib sampai basecamp sindoro pukul 08.00 wib, sy menggunakan sepeda motor (biar irit…hehe), rencana pukul 08.30 wib mo langsung nanjak ternyata molor krn menunggu petugas ijin pendakian yg tdk ada ditempat.

berikut ini foto basecamp sindoro.

📷

o iya di sindoro dah ada jasa ojek, lumayanlah bisa irit tenaga & waktu. Tarif ojek Rp. 15 rb dari basecamp sampai pos 1 & sebaliknya. Kalo mo jalan kaki +- 1 jam. lebih ke atas sedikit dari pos 1 ada pos ojek, tarip ojek ketika turun gunung dari pos ojek ini Rp. 20 rb, apapun itu menurut sy relatif masih terjangkau, harga bensin Rp 7400,-/ltr

berikut ini foto pos ojek

📷

pos 1 ke pos 2 +- 1 jam.

kondisi jalur masih normal yaitu jalur tanah dengan kemiringan yg msh wajar dengan kanan kiri banyak pohon pinus, lamtoro, rumput, & beberapa pohon besar lainnya. O iya utk pendakian ke sindoro tidak ada mata air, sebaiknya bawa persediaan air yg lebih dari cukup ketika masih di basecamp.

berikut ini foto menuju pos 2

📷

📷

📷

pos 2 ke pos 3 +- 1,5 jam.

kondisi jalur mulai ditemui jalur berbatu tapi masih dalam taraf wajar. kanan kiri jalur juga relatif masih sama kondisi vegetasinya. pos 3 merupakan pos yg sebetulnya efektif utk mendirikan tenda (ngecamp) di sini krn pos 3 berada di tengah-tengah antara basecamp & puncak.

saran dari beberapa pendaki :

– jangan ngecamp di sini krn rawan diserang babi hutan

utk kasus ini sy ketemu lngsung dengan 5 pendaki (mapala MIPA UGM yg nge SAR tas carir…thanks infonya) yg tendanya diseruduk babi hutan pkl 04.00 wib,

– jangan meninggalkan tenda & tas carir tanpa ada yg menunggu, rawan maling tas carir

utk kasus ini sy ketemu dengan 2 pendaki dari jogja yg tas carir temannya jg diembat maling

berikut ini foto menuju pos 3

📷

📷

pos 3 ke pos 4 (batu tatah) +- 1,5 jam.

buat saya dari pos 3 sampai puncak adalah medan track paling berat, kondisi track full batu dengan kemiringan 60 – 90 derajat dengan tinggi batu yg harus di lalui 0,5 m – 1,5 m. dari pos 3 akan melewati hutan lamtoro 1 setelah itu masuk ke lokasi batu tatah (dengan ciri banyak batu-batu besar di sekitar jalur pendakian). sy rekomendasikan utk ngecamp di pos 4 krn sudah berada di ketinggian +- 2850 m.

berikut ini foto menuju pos 4

📷

📷

📷

pos 4 ke padang edelweis +-1,5 jam.

dari pos 4 menuju padang edelweis kita akan melewati hutan lamtoro 2. kondisi track masih sama dengan track pos 3 ke pos 4. mhn maaf sy tidak bisa menampilkan foto di track ini, dikarenakan cuaca saat saya summit attack adalah berkabut tebal disertai hujan (sayang kameranya mas bro…hehe…nggak waterproof je). visual track saat saya summit attack adalah 0,5 m – 1,5 m krn tebalnya kabut & hujan (hanya pendaki-pendaki berpengalaman yg boleh melakukan pendakian dlm cuaca ekstrim spt ini…mhn jangan ditiru krn beresiko sekali tersesat…disorientasi).

padang edelweis ke puncak +- 0,5 – 1 jam,

tergantung fisik dari tiap pendaki. utk sy bisa tembus 20 menit. kondisi di puncak sebetulnya mengasyikkan bila cuaca cerah. selain kawah aktif juga terdapat tanah datar yang luasnya +- 7 X luas lapangan sepakbola. utk yg berniat mengelilingi kawah, setelah sampai puncak ambillah jalan ke kiri ikuti saja track yg ada berputar akan bertemu di tempat semula.menurut saya jalur kledung ini adalah jalur dari sisi timur. o iya di puncak sindoro ini ada makam pendaki yg dari cerita senior-senior pendaki gunung adalah benar-benar dimakamkan di sini. disarankan setiap pendaki yg sampai puncak utk bisa melihat makam tsb & mendoakannya. di dekat makam ini ada jalur pendakian gunung sindoro dari sisi barat yaitu dari sigedang wonosobo.

berikut ini foto di puncak sindoro

📷

📷

📷

📷

demikian sedikit catatan pendakian saya ke puncak sindoro 3153 m tanggal 1-2 april 2015. mohon maaf bila ada salah-salah kata. thanks.

solo climber, tas carir 100 ltr + daypack, tenda dome kapasitas 2 org double layer (berat tenda kondisi kering 2,61 kg), air yg saya bawa 7,5 ltr, logistik & beberapa alat standar lainnya.


64 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page